Welcome to my blog
go to my homepage
Go to homepage

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Selasa, Februari 10, 2009

Laju Persib Terhambat


Ambisi Persib Bandung untuk memenangi laga awal putaran kedua dan menembus papan atas klasemen Liga Super Indonesia 2008-2009 terhambat oleh Persipura.

Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Senin (9/2), "Maung Bandung" bahkan harus tertinggal lebih dulu karena gol Alberto "Beto" Goncalves sebelum akhirnya gol krusial Christian Gonzales bisa membuat Persib menahan imbang Persipura 1-1 (0-0).

Tambahan satu poin tidak mengubah posisi Eka Ramdani dkk. pada klasemen. Persib tetap terdampar di posisi 7 dengan koleksi 32 poin, terpaut delapan poin dari Persipura yang justru kembali memuncaki klaseme.

"Ini adalah laga awal, anak-anak belum begitu menyatu dalam permainan. Kami sebenarnya menguasai pertandingan, namun masih tergesa-gesa dalam melakukan penyelesaian akhir," kata Jaya Hartono.

Jaya juga memuji efektifnya permainan Persipura yang bisa memanfaatkan peluang kecil menjadi gol. Apa yang ditunjukkan "Mutiara Hitam" menurut Jaya adalah karena mereka telah lebih dulu melakoni laga putaran kedua sehingga telah menemukan bentuk permainan yang baik.

"Ini akibat dari permulaan jadwal kompetisi yang tak seragam. Tetapi saya yakin kami bisa segera menemukan bentuk permainan terbaik karena para pemain sudah memasuki atmosfer kompetisi," tuturnya.

Persib yang mematok kemenangan sebagai target utama memang langsung menggebrak dengan menurunkan kuartet Amerika Selatan Lorenzo Cabanas, Hilton Moreira, Rafael Bastos, dan Gonzales untuk memforsir kemenangan. Namun, pertahanan rapat yang digalang Jack Komboy dan Bio Paulin benar-benar membuat duet Bastos-Gonzales jarang mendapatkan suplai bola.

Laga antara dua tim pemegang gelar Liga Indonesia ini berlangsung keras pada babak pertama. Pertandingan baru berjalan 20 menit, sebanyak lima kartu kuning sudah disebar wasit Jumadi Effendy, tiga untuk Persipura dan dua untuk Persib. Babak ini berakhir tanpa gol meskipun kedua kubu saling balas menyerang.

Pada babak kedua, Jaya menambah daya gedor dengan memasukkan Eka Ramdani. Namun, karena terlalu fokus menyerang, Persib justru kecolongan gol pada menit ke-57. Dalam suatu serangan balik, kombinasi Ernest Jeremiah, Beto, dan Boas Solossa berhasil menaklukkan Tema Mursadad.

Meski dikawal Maman Abdurrahman, Boas yang menyisir sisi kanan pertahanan Persib bisa melepaskan umpan terukur yang tidak terjangkau Tema. Beto yang mengintai di muka gawang lolos dari kawalan Waluyo dan dengan mudah menceploskan bola, membuat puluhan ribu bobotoh terhenyak.

Persib langsung tersentak dan memiliki beberapa peluang emas. Hilton Moreira melepaskan satu tendangan voli tepat di muka gawang pada menit ke-59. Namun, bola kencang tepat bersarang di pelukan Jendry Pitoy. Usaha Individu siswanto juga tidak menemui hasil.

Bobotoh baru bisa bersorak gembira pada menit ke-81. Gonzales yang jarang mendapatkan peluang pada laga itu bisa menunjukkan kelasnya sebagai striker tajam. Menerima bola dari Hariono, "El Loco" yang berdiri tepat di muka gawang dengan tenang mengontrol bola dan memperdayai Jendry Pitoy.

Dengan kaki kirinya dia mencungkil bola melewati Jendry. Gol pertamanya bagi Persib ini menyelamatkan "Pangeran Biru" dari kekalahan kandang kedua musim ini karena kedudukan 1-1- tidak berubah sampai akhir laga.

"Saya tidak bisa menyalahkan pemain belakang. Pergerakan Boas memang membahayakan dan sudah saya instruksikan dari pinggir untuk mewaspadainya," kata Jaya Hartono tentang gol yang diderita Persib.

Sementara bagi kubu Persipura, hasil ini sangat disyukuri karena diraih di kandang Persib. Apalagi, Persib mendapat dukungan dari suporter yang terus memberikan semangat selama 90 menit.

Ketua Badan Pengelola Persib Dada Rosada yang turut menonton pertandingan mengaku, berharap Persib dapat meraih tiga poin penuh dalam pertandingan pertamanya di putaran II. "Tetapi Persib bermain bagus. Kalau bisa mempertahankan atau malah meningkatkan kemampuan permainan dari sekarang, peluang untuk menang lawan PSM nanti sangat besar," tuturnya di ruang ganti pemain.

Hal yang sama diungkapkan Manajer Persib Jaja Sutardja. Selain bersyukur tim asuhannya dapat mengimbangi permainan Persipura, dia juga menyebut pertandingan tadi malam sebagai partai terbaik selama putaran II LSI.

"Gonzales bermain cantik dan apik. Saya yakin semua penonton terhibur," katanya.

2 komentar:

dara chubby mengatakan...

sometime gue nggak ngerti sama isi blog lo. tapi, cukup seru kok.

dara chubby mengatakan...

o...gitu ya. makanya gue mikir kok ni orang blognya isinya cuma2 berita2 doang. gue tunggu berita lo sendiri. hehe...

kumenttt

akhirnya blog pertama selesai